[RESEP] Grandma O'Reilly's Pie Crust (Resep Kulit Pai a la Oma O'Reilly)



Membuat kulit pai sesungguhnya sulit-sulit gampang, dan tidak ada resep yang paling baik atau paling enak. Asal bahan-bahan yang dipakai segar & bagus, pasti enak hasilnya. Perbedaan biasanya ada pada lemak yang digunakan, butter (mentega) lebih enak tapi jauh lebih sulit pengerjaannya, terutama di negara tropis. Penggunaan kulit pai dengan bahan lemak nabati (margarin atau juga shortening) lebih mudah pengerjaanmya dan tapi rasanya tentu tidak segurih mentega.

Oleh karena itu, resep pai pada umumnya menggunakan kombinasi 2 macam lemak; hewani dan nabati. Seperti resep Oma O'Reilly yang menggunakan shortening dan lard/butter.

Tips-tips yang harus diingat:
  • Ada banyak merk dan jenis dan mentega putih. Dari bermacam-macam merk yang dijual di TBK di Indonesia pada umumnya, saya hanya merekomendasikan Crisco, yang memang bisa jadi lebih mahal dari butter sekalipun. Tetapi sungguh mentega putih sebaiknya dihindari jauh-jauh dalam pembuatan kulit pai. Selain rasanya nggak enak dan ngendal di langit-langit mulut, mentega putih merupakan sejatinya lemak jenuh. Perbedaan utama dengan Crisco adalah ketika dimasukkan ke dalam lemari es, semua mentega putih akan mengeras, sedangkan crisco akan tetap lunak (seperti mentega dari biji bunga matahari atau minyak zaitun). Crisco ini adalah pengganti paling dekat (dan halal tentunya) untuk Lard atau lemak babi.
  • Kecuali untuk mentega putih Crisco atau Lard, usahakan bahan-bahan yang digunakan dalam keadaan dingin, termasuk tepungnya. Biasanya saya masukkan tepung ke dalam freezer 15-20 menit setelah ditimbang dan sebelum saya mulai mengaduk bahan-bahan.
  • Begitu juga dengan bahan-bahan lainnya, keluarkan dari kulkas benar-benar pas saat mulai mengaduk.
  • Kecuali dapur Anda ber-AC, usahakan sesedikit mungkin menguleni dengan tangan supaya adonan selalu dalam keadaan dingin. Saya biasanya pakai food processor supaya cepat dan adonan tidak berada di luar terlalu lama. Kalau tidak ada, bisa menggunakan pastry cutter atau bahkan garpu, tapi berarti Anda harus bergerak ekstra cepat.

Bahan - bahan:

4 Cups tepung terigu serbaguna/tepung protein rendah
1 Cup Crisco* (kalau tidak ada, ganti dengan butter)
1/2 cup butter, potong dadu
1 kuning telur
1 sdm cuka putih
1/2 cup + 3 sdm air es

Cara:
1. Ukur/timbang semua bahan, simpan dalam lemari es/freezer.

2. Campur tepung terigu, butter dan crisco ke dalam food processor dan blender sampai adonan seperti pasir (sekitar 10 detik saja) Kalau tidak ada food processor, taruh dalam mangkuk besar dan potong-potong dengan menggunakan pastry cutter. 



3. Masukkan air dan telur sedikit demi sedikit, blender sebentar saja, paling lama 3-5 detik, hingga adonan terlihat seperti ini:

4. Uleni dengan tangan sebentar, hanya sampai adonan bisa menyatu. (jangan sampai liat)
5. Bagi adonan menjadi 2 atau 3 ukuran sama besar, bentuk menjadi bulat pipih, bungkus dengan cling wrap dan simpan di dalam lemari es kira-kira 30 menit hingga 1 jam sebelum digunakan. Proses ini penting untuk mendinginkan serta  melemaskan gluten dalam adonan.


6. Adonan siap diolah.


Comments

  1. Hai mba Diana, salam kenal.. mau tanya dimana bisa beli shortening merk crisco ya? Thankyou

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi BitterSweet, salam kenal juga :) terakhir aku dapat di Ranch Market Grand Indonesia, tapi ini jarang banget liat lagi. Saran aku mendingan pakai mentega (butter) sih, lebih enak juga jadinya.. hehe
      Makasih ya sudah mampir..

      Delete
  2. Tp yg ini resepnya rekomen yah utk berbagai varian pie?
    Sy sbnrny penasaran jg pgn nyoba crisco utk bikin butter cream, menurut org2 ktnya pk crisco menghasilkn bc yg ringan ga neg.. anw thx yaa Diana sdh sharing resep dan tips 😊

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts