[RESEP] Cara Membuat Susu Almond (Almond Milk)


Saya mengadaptasi resep susu Almond ini (alias nyontek plek plek hahaha) dari buku resep Oh She Glows garapan Angela Liddon, salah satu blogger dan penulis vegan favorit saya. Dalam arti, konten-kontennya mudah diikuti, tidak terlalu pusing berceramah, dan tidak terlalu banyak menggunakan bahan aneh-aneh yang sulit didapat (atau terlalu mahal).

Setelah beberapa kali mencoba, saya semakin ogah membeli susu almond di toko karena selain gampang buanget bikinnya (cuma memang harus modal blender/food processor dan kain saring), susu almond bikinan sendiri ternyata jauh lebih enak dari susu almond yang pernah saya beli. Selain tentu lebih terjamin juga kesegarannya.

Kita mulai saja yuk, dari alat-alat yang diperlukan:
- Food processor atau blender; semakin kuat dan tinggi kecepatannya, semakin baik. Tapi yang jenis apapun bisa dipakai kok
- Kain saring/kain tahu; bisa beli di pasar atau pakai ulang yang dipakai untuk membungkus tahu kalau nggak nemu ^^'
- Saringan ukuran sedang (bisa menggunakan yang biasa digunakan untuk menyaring santan)
Udah, segitu aja kok!

Bahan-bahan:
- 1 cup (140 grams) kacang almond mentah utuh, jangan yang sudah matang ya apalagi sudah dibumbuin ehehehe (saya beli di tokopedia, sekitar Rp. 190,000/kilo)
- 1 liter air matang/air suling
- 2-3 kurma medjool atau kurma biasa yang sudah direndam hingga lunak, buang bijinya. Atau bisa juga gunakan 2-3 sendok makan madu
- 1 sdt esens vanila murni atau dari 1 ruas vanila utuh
- bisa juga bubuhkan bubuk kayu manis, jika suka
- 1/4 sdt garam laut

Cara:
- Cuci kacang almond dan rendam selama 8 jam
- Tiriskan dan cuci lagi almond, masukkan ke dalam blender bersama air, kurma/madu, esens vanila, garam, dan bubuk kayu manis (jika menggunakan), blender dengan kecepatan tinggi hingga halus
- Lapiskan saringan dengan kain saring tahu, letakkan di atas mangkuk atau baskom besar
- Tuangkan susu almond, lalu peras hingga tuntas
- Susu almond siap dinikmati! Untuk hasil terbaik, sebaiknya disimpan di botol/toples kaca, simpan di lemari es, dan nikmati segera, sebaiknya tidak lebih dari seminggu.

NOTE: Ampas almond sisa JANGAN dibuang, bisa dipakai untuk campuran membuat cake, kue kering, dll (untuk campuran tepung). Setelah selesai diperas untuk susu almond, bisa langsung disimpan di freezer, atau dikeringkan di oven hingga kering. Untuk hasil terbaik, bisa diblender lagi supaya lebih halus.

 Kalau dihitung-hitung, untuk mendapatkan 1 liter susu almond segar, saya hanya mengeluarkan kira kira Rp. 40,000. Lumayan kan daripada beli hehe.



Comments

Popular Posts