[RESEP] Apple Pie Filling (Selai Apel)


Sebenernya saya agak bingung mau menyebut resep yang satu ini; selai apel? apple pie filling? saus apel? Pertama saya bikin adalah untuk dimakan bareng poffertjes, tapi ujung-ujungnya saya jadikan selai untuk roti, campuran untuk oat rendaman (overnight oat), topping cupcake, campuran adonan cake, atau malah dimakan begitu saja. 

Untuk pai apel, saya malah belum pernah coba karena lebih memilih memakai apel segar langsung di atas adonan, tapi rasanya sih bakal oke-oke saja, terutama kalau memang mau isi pai yang lebih lembut.  Cara membuatnya luaaar biasa gampang dan yang paling saya suka, bisa disimpan berhari-hari asal ditaruh di toples yang steril dan disimpan di dalam kulkas bertemperatur stagnan. Yuk langsung coba saja resepnya! 



Bahan-bahan: 
5 cups (sekitar 600 gram) apel yang sudah dikupas dan dipotong dadu 
1sdm perasan jeruk lemon/jeruk nipis 
1/2 cup (100 gram) brown sugar atau gula aren
1/2 cup (100 gram) gula putih, atau bisa juga dihilangkan/diganti menjadi gula aren semua, kalau mau versi lebih sehat :) 
1/4 cup (30 gram) tepung maizena
1 sdt kayu manis bubuk
1/4 sdt pala bubuk
1/4 sdt garam laut 
2 gelas air

Cara :
1. Campur apel dengan air jeruk segera setelah apel selesai dipotong-potong, sisihkan.
2. Campur semua bahan lain di dalam panci, aduk dan taruh di atas api sedang hingga mendidih.
3. Masukkan apel, besarkan api hingga mendidih lagi, lalu kecilkan dan masak selama 10-15 menit atau hingga apel melunak (jangan sampai hancur)
4. Setelah matang, angkat dari api, pindahkan ke toples kaca, biarkan hingga dingin sebelum dimasukkan ke dalam kulkas. Setelah dingin, selai ini akan memadat, siap untuk disantap langsung atau untuk dijadikan isian pai.


Catatan: 
Apel yang dipakai - Sebaiknya menggunakan apel yang 'renyah' seperti apel malang, granny smith, atau gala. Kalau saya sih, sudah pasti pakai apel malang karena selain teksturnya tidak gampang hancur, produksi lokal, dan paling murah tentunya hehe. Yang sebaiknya dihindari adalah apel lunak jenis red delicious atau sering juga disebut apel washington. 

Comments

Popular Posts