[Resep] Blueberry Muffin dengan Tepung Spelt


Tepung spelt adalah tepung yang dibuat dari gandum spelt yang tergolong 'kuno'. Artinya, varietas spelt masih utuh dan tidak pernah dikawinkan dengan gandum lain selama ribuan tahun manusia menanamnya. 

Para penggiat nutrisi dan gerakan pangan organik akhir-akhir ini kembali mempopulerkan tepung ini bukan hanya atas dasar kandungan nutrisinya saja (100 gram tepung spelt mengandung 50 persen lebih banyak protein , 4x potassium, 4x zat besi, 7x magnesium dibandingkan tepung terigu biasa dengan jumlah yang sama) tapi juga fakta bahwa tepung spelt lebih mudah dicerna oleh tubuh kita karena lebih mudah larut dalam air. Sehingga, kerja alat pencernaan kita jauh lebih 'ringan' dibandingkan ketika mencerna gandum biasa. 

Tapi buat saya, yang paling penting, tepung spelt adalah tepung 'sehat' pertama yang pernah saya coba yang baik dari segi kemudahan pembuatan, tekstur dan rasanya hampir sama dengan tepung terigu biasa. Malahan, kalau dirasa-rasa, tepung ini sedikit lebih 'gurih' dibandingkan tepung terigu biasa yang, yah, hambar aja. 

Sebenarnya, tepung spelt bisa digunakan untuk mengganti tepung terigu di hampir semua resep. Tinggal kurangi dengan sekitar 25% atau seperempat cairan yang digunakan. Tapi resep di bawah ini adalah resep pertama yang saya coba dengan tepung spelt, dan masih jadi resep favorit saya. Silakan dicoba! 

Bahan-bahan:
2 1/4 cups (223 gram) tepung spelt
1/4 cup (53gram) brown sugar/gula aren atau 83 gram madu
1 sdm baking powder
1/2 sdt garam
1 1/4 cups (283 gram) susu sapi atau susu non-dairy pilihan (saya pakai susu almond)
3 buah telur, kocok lepas
1 sdm mentega cair/minyak kelapa
(optional) 3/4 cup (80-100 gram) blueberry, taburi dengan 2 sdm tepung terigu.

Cara membuat:
1. Panaskan oven pada suhu 220 celcius, olesi mangkuk cupcake/muffin dengan minyak. (PENTING. karena tepung spelt lebih mudah lengket dibandingkan tepung terigu biasa)
2. Campur semua bahan kering (tepung, baking powder, garam)
3. Campur semua bahan cair (susu, telur)
4. Kocok (bisa menggunakan mikser ataupun pakai pengocok tangan) gula dengan minyak/mentega hingga tercampur, lalu masukkan bahan cair.
5. Masukkan bahan kering, campur hingga tercampur rata, tapi jangan terlalu lama. (kurang lebih 20 detik)
6. Bagi adonan hingga 2/3 tinggi mangkok, lalu sendokkan beberapa buah blueberry di atasnya.
7. Panggang sekitar 15-18 menit atau hingga kecoklatan.







Comments

Popular Posts