[Resep] Sayur Lodeh Daun Pucuk Labu





Tempo hari, saya ada kalap belanja sayur-mayur di Kecipir.com. Salah satu sayuran yang saya beli adalah dua ikat besar daun pucuk labu, labu siam, dan tempe organik Saya pun baru sadar selama ini tidak pernah masak sendiri sayur daun pucuk labu, selalu manut sama yang disajikan ibu saya. Karena sekarang beliau sudah sepuh, jadi sepertinya sudah lupa cara masaknya. 

Maka, saya pun memutuskan masak bahan-bahan tadi dengan cara yang saya tahu: dilodeh! Tempenya saya goreng biasa, dan disajikan dengan sambal terasi goreng (sambal bajak, sering juga disebut di rumah kami) yang saya buat beberapa hari sebelumnya. Nikmat disantap hangat! 

Berikut resep lodeh a la saya: 


Sayur Lodeh Daun Pucuk Labu 

Bahan-bahan:
- 600 ml santan cair
- 300 gram daun pucuk labu, cuci, potong-potong danrebus sampai setengah matang
- 100 gram labu siam, kupas dan potong-potong 
Bisa juga ditambahkan bahan/sayuran lain seperti tempe, kacang panjang, terung dll.

Bumbu yang dihaluskan:
- 3 siung bawang putih
- 6 siung bawang merah
- 3 butir kemiri
- 1 sdt ketumbar
- 1 sdt garam
- 1/2 sdt gula putih

Bumbu lain:
- Cabai rawit merah, jumlah sesuai selera, bisa dipotong-potong atau utuh
- 1 ruas lengkuas
- 2 lembar daun salam 
-  Irisan kecombrang (opsional) 

Cara memasak:
- Tumis bumbu halus hingga harum di atas api sedang, lalu masukkan daun salam, lengkuas, kecombrang (bila menggunakan) dan cabai rawit 
- Masukkan santan cair, aduk hingga mendidih.  
- Masukkan sayuran dan bahan lain, masak hingga labu siam dan semua bagian daun labu matang. 
- Siap disajikan beserta pelengkap dan nasi putih/merah ngepul ngepul ^^' 



Maapkan piringnya yang elegan (elek gan?) ^^'



Comments

Popular Posts