[RESEP] Banana Muffins with Chia Seeds (Dairy Free)

Akhir pekan kemarin, saya melihat tiga buah pisang ambon yang terbaring lesu di dalam kulkas, dengan sekujur tubuhnya menghitam legam tanpa ampun. Bahasa kerennya, trio pisang ini, overripe. Terlalu lembek untuk dimakan begitu saja, tapi tentu masih baik untuk dikonsumsi.


Kalau sudah kayak gini, hanya ada dua cara paling tepat untuk menyelamatkan si pisang supaya tidak sia-sia eksistensinya: bikin smoothies, atau bolu pisang. Karena saya lagi nggak mood bikin smoothies, jadilah saya keluarin lagi resep bolu pisang. Tapi sayang saya kehabisan mentega, jadi kali ini, saya coba versi yang sedikit lebih sehat (alasan), yaitu dengan menggunakan minyak kelapa.

Saya pikir, hasilnya jadi tidak terlalu moist seperti kalau pakai mentega. Ternyata, kue masih lembut, dan karena memang penggunaan pisang yang lumayan banyak, sama harumnya dengan yang biasa saya buat. Kali ini, supaya nggak terlalu polos, saya taburkan sedikit chia seeds di atasnya.



Bahan-bahan:
2 cups/ 256 gram tepung terigu (bisa dicampur dengan tepung gandum utuh, atau tepung oat, jika punya)
1 sdt baking soda
1/2 sdt garam
3 pisang yang sangat matang, hancurkan
2 butir telur
3.4 cup/150 gram gula putih, aren, brown sugar, atau campuran dari beberapa. (saya pakai brown sugar)
1/2 cup/120 ml minyak kelapa




Cara:
1. Panaskan oven hingga 160 derajat celcius
2. Campur bahan kering: tepung, baking soda, dan garam
3. Campur gula dan minyak kelapa menggunakan mixer, masukkan pisang yang sudah dihancurkan
4. Masukkan telur, aduk
5. Tambahkan bahan kering sedikit demi sedikit, hingga merata.
6.  Pindahkan ke loyang yang sudah diolesi minyak & tepung, atau ke dalam mangkok cupcake atau muffin
7. Panggang selama 30-40 menit. Kalau menggunakan mangkok cupcake, akan menbutuhkan waktu lebih cepat, sekitar 15-20 menit.

Jadi deh! :D 

Comments

Popular Posts